Jl. Basuki Rahmat No. 248 Tuban

Alamat

081249548615 / 082234692194

Telepon

panduoutbound@gmail.com

Email
Mangatasi Anak Kecanduan Game Dengan Sugesti

Mangatasi Anak Kecanduan Game Dengan Sugesti Dalam Hipnoterapi

Mengatasi Anak Kecanduan Game Dengan Sugesti – tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi mampu merubah tatanan social masyarakat, jika memerlukan sesuatu kepada seseorang tanpa bertatap muka, cukup melalui whatsapp atau media yang lainnya mampu membantu kita dalam menyampaikan informasi bahkan dengan media tersebut menjadi semakin efektif dan efisien bukan ?.

Perkembangan teknologi ini ternyata juga merubah tatanan social pada anak-anak, dimana zaman dulu anak-anak sering bermain bersama dalam waktu bersamaan ditempat yang sama pula dengan alat permainan manual dan tradisional, namun sekarang hal ini sudah sangat jarang kita jumpai kan ?. Media permainan anak yang dulu manual dan tradisional saat ini sudah berubah dengan teknologi yang sering dikenal dengan game (online dan ofline).

Media teknologi yang mempunyai jenis permainan-permainan atau game ini merubah pola permainan yang dulu jika bermain harus bersama-sama namun sekarang bisa sendirian, yang dulu bermain harus satu waktu sekarang kapanpun bisa, yang dulu bermain harus satu tempat sekarang dimana saja bisa. Namun ada beberapa hal yang tak bisa digantikan, yakni kebersamaan, emosional, empati, dan kerukunan dan nilai-nilai social lainnya.

Dalam artikel ini kita akan belajar tentang dampak bermain game serta cara untuk mengatasi anak yang kecanduan dangan game, sebelum nanti kita sampai ke pembahasan solusi sederhana terkait hal ini, maka perlu kiranya kita mengetahui tanda-tanda anak yang kecanduan game, diantaranya adalah :

  • Lebih memilih aktifitas game daripada kegiatan lain, termasuk kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.
  • Cenderung cuek dengan keadaan sekelilingnya. Jika ada sanak saudara atau keluarga datang ia cuek karena selalu pegang game, cenderung menjadi emosional, pemarah dan ego yang tinggi.
  • Gelisah dan bingung jika dalam waktu yang lama tidak pegang atau main game
  •  Mata terlihat lelah dan suka mengantuk bahkan sering ketiduran di kelas atau kendaraan.
  • Tugas-tugas rumah dan sekolah terbengkalai sehingga prestasi belajar cenderung menurun.

Namun disini perlu kami jelaskan pula beberapa dampak positif dan negative anak bermain game, yang kami ambil dari berbagai sumber.

Baca Juga : Tempat Outbound DI Tuban

Dampak Positif Bermain Game

Kita mulai dari dampak positifnya. Beberapa manfaat atau dampak positif anak bermain game adalah :

  1. Menambah teman. Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini banyak sekali orang yang hobinya bermain game. Anda pun dapat menambah banyak teman dengan memainkan game online mapupun offline. Jika anak-anak bermain di sebuah game rental atau tempat game online, kemungkinan anak-anak akan memiliki lebih banyak teman disana.
  2. Membuat pola pikir semakin cepat. Kita tahu banyak programmer dan pembuat aplikasi adalah mereka yang suka main game, dampak prositif yang kedua adalah mempercepat pola pikir. Bagaimana bisa? Manfaat ini akan diperoleh jika anak bermain game dengan strategi-strategi yang akan merangsang otak anak untuk mampu berpikir dengan cepat khususnya dalam mengambil keputusan yang tepat.
  3. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Kita tahu bahwa kebanyakan game yang diminati anak berasal dari luar negeri dan hampir semuanya menggunakan bahasa inggris bukan ? Jika anak ingin mudah memahami game tersebut maka dia harus belajar arti bahasa tau kata yang digunakan dalam game. Hal inilah yang secara tidak langsung membuat kemampuan bahasa asing anak meningkat.
  4. Mengurangi stress. Stress tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Beberapa orang tua terkadang menaruh harapan dan tuntutan yang mana anak-anak tidak suka , misalnya terkait hobi dan belajar. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stress.
  5. Melatih kesabaran. Banyak sekali game yang di desain dengan tingkat kesulitan yang tinggi yang terkadang seorang gamer ahli pun membutuhkan waktu bermingu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Kesabaran ini pasti berguna dalam kehidupan nyata.
  6. Melatih ketangkasan. Bermain game juga bisa meningkatkan ketangkasan anak. Ada fungsi kerja, bermain dan sekaligus olahraga. Ada banyak banyak game yang memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata anda

Baca Juga : Paket Outbound Wisata Pantai Kelapa Tuban

Nah dari keenam poin diatas menunjukkan kepada kita bahwa sebenarnya game itu bukan hanya mengandung unsur negative saja, tetapi ada sisi positifnya terhadap anak. Namun ketika bermain game secara berlebihan tidak memungkinkan bahwa dampak negative juga akan ada, apa saja dampak negative yang di hasilkan dari game, baca terus artikel ini.

Dampak Negatif Bermain Game

Selain dampak positif diatas, bermain game juga memiliki beberapa dampak negatif yang dapat diterima jika tidak berhati-hati. Dampak negative tersebut adalah :

  1. Kecanduan. Jika anak terlalu tertarik dengan sebuah game secara berlebihan, maka anak akan mengalami kecanduan. Kecanduan ini akan sangat berbahaya terlebih lagi jika anak sudah lupa akan segala tanggung jawab atau kemudian akan lupa dengan semua kegiatan anak. Bahkan yang ekstreem adalah dimana anak sampai malas untuk makan karena kecanduan sebuah game.
  2. Malas. Malas adalah dampak negative bermain game yang kedua, yang juga sebagai akibat dari kecanduan. Jika seseorang sudah mulai malas, maka seakan-akan semua akan semua dilupakan dan langsung tidur setelah bermain game.
  3. Kurang tidur. Kita sering lupa denga kebutuhan primer yang satu ini, akibatnya dampak negative kekurangan tidur mendatangi kita. Kita akan kehilangan kantuk ketika terlalu asyik memainkan game.
  4. Mengalami kerugian finansial. Untuk memainkan game tentu membutuhkan biaya baik untuk menyewa game, membeli paket data atau bahkan game online yang berbayar. Beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan pemberitaan salah satu televisi yang memberitakan bahwa anak penyanyi dangdut Inul Daratista menerima tagihan game online sampai puluhan juta rupiah. Jika anak sudah sangat kecanduan maka akan melakukan apapun untuk bisa menikmati game yang ia sukai.
  5. Radiasi yang menjadikan mata kurang sehat. Salah satu efek negative dari bermain game yang belebihan adalah terkait kesehatan mata kita, jika terlalu lama bermain game dan dilakukan berjari-hari maka kemungkinan terkenan radiasi untuk mata kita semakin besar. Maka jangan berlebihan dalam bermain game.
  6. Malas mandi. Bermain game juga bisa menjadikan kita malas dalam melakukan aktifitas sehari-hari salah satunya adalah malas mandi. Tidak hanya mandi, setelah anak-anak bermain game sambil makan snack biasanya sampah akan bertebaran di meja dan tempat-tempat dimana anak-anak bermain hal ini dikarenakan anak-anak malas untuk membersihkan.

Sugesti Untuk Mengatasi Anak Kecanduan Game

Sugesti adalah pemberian saran, ide, bahkan nasehat ataupun arahan kepada seseorang sehingga orang tersebut langsung menerima tanpa berpikir panjang. Atau bisa diartikan sebagai cara pemberian suatu pandangan atau pengaruh dari dalam diri seseorang atau kelompok kepada orang lain atau kelompok lain dengan cara tertentu sehingga orang atau kelompok tersebut menerima pandangan atau pengaruh yang diberikan tanpa berpikir lebih lanjut.

Baca Juga : Anak Susah Diatur, Pembawaan Ataukah Keturunan

Sugesti ini biasanya dilakukan pada saat-saat pikiran bawah sadar sedang terbuka, salah satu contoh dimana pikiran bawah sadar terbuka adalah saat awal tidur yakni 30 menit pertama ketika anak tidur adalah saat dimana pikiran bawah sadar sedang terbuka. Pada saat inilah kita bisa memberikan sugesti kepada anak dengan mudah, contoh sugestinya sebagai berikut :

“nak… ini ayah… setaip kali kamu tutup mata.. kamu jauh lebih nyaman dan tenang ya… seambil bayangin kamu sedang main game ya.. senang sekali nak.. kamu tekan tombol gamenya, semakin kamu lebih tenang dan nyaman ya.. bayangkan sekarang nak perlahan kamu sedang main game… nak.. main game memang menyengkan nak, tapi ingat nak bagaimana dengan sholatmu, ngajimu, belajarmu, kamu ingin jadi dokter kan nak… jadi dokter itu harus banyak membaca nak.. harus banyak belajar.. kamu bayangkan ketika kamu menjadi dokter nak.. dan pastinya belajarmu lebih rajin daripada terus menerus main game… kamu rasakan betapa kamu harus berjuang demi cita-citamu yang mulia nak, demi cita-citamu yang besar nak.. berjuanglah demi cita-citamu nak.. ayah dan ibu bangga sama kamu nak.. nak.. sekarang setiap ja__ sampai jam__ (sesuaikan waktu belajar) kamu saatnya belajar ya nak.. rasanya nikmat sekalu diwaktu itu nak.. waktu tersebut adlah waktu dimana kamu mengejar cita-citamu yang mulia nak, menjadi dokter.. ayah dan ibu bangga sama kamu nak…”

Nah skrip diatas adalah contoh sugesti yang bisa di berikan kepad anak pada saat menejelang tidur, namun skrip diatas tidak baku kita bisa mengubah sesuai dengan tujuan dan bahas kita masing-masing.

Semoga tulisan ini sedikit membantu kita dalam menangani permasalahan anak terutama dalam bermain game, jangan sampai anak-anak kita berlebihan dalam bermain game karena efek negative yang ditimbulkan sangatlah nyata.

Tulisan ini diambil dari buku “Parenting Suggestion, Rahasia Efektif Menyugesti dalam Mendidik Anak” yang di tulis oleh salah satu Trainer parenting terbaik di Indonesia A. Hamam Rosidi S.Pd. MA.

img-1585717040.jpg


Komentar

  • Kak Fasta
    Kak Fasta / Rabu, 01 April 2020

    Alhamdulillah sangat luar biasa om ilmunya. Semoga bisa menambah khasanah mendidik anak

Tambahkan Komentar